Blog

Ilustrasi Anak Belajar Membaca Al Quran

Tentang Belajar Membaca Al Quran Metode Qiroati (II/II)

Penilaian: 3 / 5

Aktifkan BintangAktifkan BintangAktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

 

Banyak ditemukan metode pembelajaran membaca Al Quran mulai dari al-Baghdadi, Qiroati, al-Barqi, Iqro’, Insani, Tartila dan lainnya, yang dapat mempermudah pembelajar membaca Al Quran dengan cepat. Cepat yang dimaksud yaitu cepat membaca huruf Al Quran dengan menggunakan metode Qiroati. Lantas, seperti apakah metode Qiroati tersebut? Berikut uraian singkatnya (bagian II dari II tulisan):

 

Kelebihan Buku Qiroati Jilid 1-6

Jilid 1-6 merupakan rangkaian materi yang dijadikan pelajaran pada metode Qiroati, memiliki kelebihan dibandingkan dengan metode lain, yaitu:

1.Sistematis (materi yang disampaikan dimulai dari yang paling mudah).

  1. Jilid 1, pembelajaran di awali dengan pengenalan huruf-huruf berharakat fathah ( َ), dari huruf Alif ( ا )sampai Ya ( ي ), dan huruf-huruf mulai dirangkai, misalnya: pada halaman pertama A-Ba ( اَبَ ) dan halaman terakhir Sahada ( سَحَدَ ), membaca tidak boleh terputus-putus.
  2. Jilid 2, pebelajar dikenalkan dengan harakat dhamah ( ُ), kasrah ( ِ), tanwin ( ًٌٍ )dan bacaan panjang). misalnya: Saiigatan ( سَئِيْغََةً ) dan Faa’la ( فَاعَلَ ).
  3. Jilid 3, pebelajar ditekankan dalam kesetabilan membaca panjang, pebelajara mulai dikenalkan dengan harakat sukun ( ْ), misalnya:Mariidhaa (مَرِيْضَا ), Qadiiri ( قَدِيْرِ )
  4. Jilid 4, pebelajar dikenalkan bacaan dengung (ikhfa), tasydid, danbacaan panjang (6 harakat), misalnya: bacaan ikhfa (اَنْجَيْنَاكُمْ ), bacaan tasydid (مَاءًثَجَّاجًا ), bacaan panjang 6 harakat (اَتُحَآجُّوْنِّيْ ).
  5. Jilid 5, pebelajar dikenalkan bacaan dengung (idgham), cara berhenti (waqaf), misalnya: bacaan idgham (وُجُوْهٌ يَوْمَئِذٍ )
  6. Jilid 6, pebelajar dikenalkan bacaan jelas (idzhar), misalnya: (عَادٍاَخَاهُمْ )

2.Pemindahan halaman pada setiap jilid harus sesuai dengan amanah (sekalipun satu kalimat salah, belum dapat pindah halaman berikutnya).

3.Pembelajaran di kelas dilakukan selama 60 menit, yaitu: 15 menit pertama (klasikal), 30 menit(individual), 15 menit kedua (klasikal). Pembelajaran klasikal dalam metode Qiroati dilakukan dengan cara pembelajar dan pebelajar secara bersama-sama membaca alat peraga (membaca tulisan di depan disertai ketukkan secara bersama-sama, dilanjutkan membaca do’a-do’a) materi disesuikan dengan jilid masing-masing. Pembelajaran individual dalam metode Qiroati dilakukan dengan cara pebelajar membaca materi di depan pembelajar (buku Qiroati jilid 1-6), banyaknya halaman disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan hasil membaca di rumah (deres), cara ini dikenal juga dengan sistem sorogan.

 

(Baca: Ingin Memiliki Hunian Dengan Pemandangan Nan Asri Bernuansa Islami Dan Non Ribawi? Cari Infonya Disini!)

 

Jenjang Pembelajaran Metode Qiroati

Pembelajaran metode Qiroati memiliki empat jenjang, yakni: (1) tingkat persiapan atau pemula; (2) tingkat dasar; (3) tingkat menengah; dan (4) madrasah tahfidul Quran. Pada tingkat persiapan atau permulaan pebelajar ditargetkan menyelesaikan 6 jilid buku Qiroati dan sudah mampu membaca Al Quran meskipun belum begitu lancar. Pada tingkat dasar, pebelajar ditargetkan mampu membaca Al Quran dengan lancar, paham makhrajul huruf, khatam 30 juz Al Quran, menguasai gharibul Quran dan menguasai ilmu tajwid. Pada tingkat menengah orentasi utama materi yaitu percakapan bahasa Arab sebagai awal untuk memahami kitab-kitab agama Islam, dan pendalaman terhadap kajian Al Quran. Adapun yang terakhir pada tingkat madrasah tahfidul Quran ditetapkan pada tingkat menghafal Al Quran, tentunya dengan jumlah pebelajar yang relatif sedikit.

 

(Baca: Ingin Memiliki Hunian Dengan Pemandangan Nan Asri Bernuansa Islami Dan Non Ribawi? Cari Infonya Disini!)

 

Demikianlah sekilas tentang cara belajar membaca Al Quran metode Qiroati. Semoga artikel singkat ini bisa menginspirasi kita untuk lebih semangat lagi dalam mempelajari Al Quran, terutama cara membacanya yang baik, insya Alloh.

 

Dikutip dari artikel berjudul, "Metode Pembelajaran Membaca Al Qur’an", 7 Juni 2014, oleh A. Jauhar Fuad.

 

 

Tentang Kami

Kampung Quran Center adalah kawasan terpadu seluas > 70 ha yang terdiri dari kompleks pendidikan, hunian, wisata, serta usaha bernuansa alam mengusung tema "Komunitas Keluarga Quran" yang dikelola oleh Yayasan Kampung Quran MataQu.

 

Hubungi Kami

Kampung Quran MataQu, Cipendawa, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16771

  • Telepon/Whatsapp0813-8313-9388 (Anita)

  • Telepon/Whatsapp0813-8313-9389 (Dita)

  • Telepon/Whatsapp0812-1069-3356 (Sita)

  • EmailAlamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Waktu Operasional

Sabtu - Kamis : 09:00 - 17:00 WIB

Jum'at: Libur

Hari Raya Islam: Libur

Statistik Pengunjung

Today: 236
Yesterday: 240
This Week: 656
This Month: 656
Total: 656

92.1%INDONESIA INDONESIA
3.3%CHINA CHINA
1.2%UNITED STATES UNITED STATES